Unik Terpopuler Bahaya, Mengucek Mata Dapat Membuat Mata Rabun Jauh - Unik Terpopuler

Kumpulan Berita Unik dan Bermanfaat

Bahaya, Mengucek Mata Dapat Membuat Mata Rabun Jauh

Anda pasti mengucek mata saat mata anda sedang gatal,namun hal tersebut tidak baik bagi mata anda,karena saat anda mengucek mata  akan membuat mata menjadi memerah dan terasa perih.  Sebenarnya,Tahukah bahwa mengucek mata bisa melemahkan otot yang berada di mata?

Tidak heran apabila setelah mengucek mata dengan tangan,membuat mata menjadi merah dan perih.Dan bisa jadi hal tersebut disebabkan keasikan meggosok mata hingga rasa gatalnya tidak terasa lagi. Dan, bagaimana jika tangan yang menggosok mata itu tidak bersih?

Bahaya, Mengucek Mata Dapat Membuat Mata Rabun Jauh

Ini dia alasa mengapa mengucek mata itu tidak baik “Mengucek mata, disaat melakukan yoga dengan kepala di bawah,dan tidur dengan wajah menempel pada bantal atau berenang merupakan berbagai aktivitas yang bisa membuat penekanan pada mata meningkat,”itu yang dikatakan oleh Professor Charles McMonnies, dari UNSW School of Optometry and Vision Science, dalam jurnal yang telah di sebar luaskan yang berjudul Optometry and Vision Science, seperti dikutip dari Science.
Pada saat menyentuh mata, kelopak mata akan mengalami peningkatan tekanan. Cahaya lampu yang membuat mata menjadi  silau, yang menyebabkan tekanan pada mata lebih sedikit dibandingkan dengan mengucek mata dengan keras yang bisa menyebabkan tekanan mata menjadi 3 sampai 5 kali lebih besar dari tekanan normal.

Mengucek Mata

Pada saat anda mengucek mata, akan terjadi efek kombinasi menutup mata dan kekuatan mengucek mata yang bisa meningkatkan tekanan mata yang lebih tinggi lagi. Mengucek dengan yang akan menyebabkan peningkatkan tekanan mata hingga 10 kali lebih tinggi dibanding tekanan norma mata biasa!

Seorang Professor Charles McMonnies yang mengatakan bahwa“Tekanan yang normal akan memberikan konsekuensi yang sedikit, namun tekanan pada mata yang kuat dalam jangka waktu yang lama dan melakukan mengucek mata berulang ulang bisa menyebabkan kontribusi pada kerusakan mata seperti glaukoma, membuat mata menjadi rabun jauh, conical kornea atau bisa juga membuat mata menjadi lebih parah yaitu kebutaan,” 

Namun bisa kita mengurangi tekanan pada mata dengan Menghindari kontak mata dengan bantal atau masker tidur juga bisa membantu mengurangi tekanan sensitif pada mata. Ketika anda mengucek mata itu akan menyebabkan melemahnya otot levator palpebra yang berfungsi mengangkat kelopak mata, sehingga ketika mengucek mata akan membuat mata anda terlihat lebih kecil atau seperti mata yang sedang mengantuk.

Tekanan mata yang normal terjadi ketika anda tidur untuk beristirahat, berkedip dan ketika menarik nafas dalam tidak akan memberikan konsekuensi karena tekanan yang diberikan sangat kecil dan tidak dalam waktu yang lama.

Cara menghindari tekanan mata dengan menghindari beberapa aktivitas seperti berikut:

1. Tidur dengan wajah tertunduk dan kontak dengan bantal, karena dalam bantal tersebut bisa saja terdapat kuman atau debu yang dapat membuat mata iritasi.

2. Hindari Mengucek mata, karena bisa membuat mata iritasi, kering dan membuat mata merah dan perih.

3. Menunduk bisa meningkatkan tekanan, karena itu sebaiknya jika membaca dalam posisi duduk.

4. Obat tetes mata merupakan kegiatan yang paling baik dengan menghapus dari ujung mata dan mengurangi kontak dengan kelopak mata. Dan, gunakan obat tetes mata jika terasa gatal dan perih.

Jadi sebaiknya Hindari mengucek mata sebisa mungkin! Apabila mata terasa gatal, gunakan tisiu bersih dan usapkan secara lembut usahakan menghindari kontak yang sensitif.Untuk selanjutnya  Langkah paling penting jika mata terasa perih atau mata merah,sebaik periksakan ke dokter mata dan memberi obat mata.Terimaksih

0 Komentar untuk "Bahaya, Mengucek Mata Dapat Membuat Mata Rabun Jauh"

Back To Top